~ Shootgun Blues ~

AGAMA CUMA BAJU, YANG PENTING TUHAN

Jilbab itu Budaya Kenapa Harus Wajib ?

with 55 comments

Artikel ini saya sangat menyukainya, so saya taruh aja di sini


Jilbab berasal dari daerah Timur Tengah (Middle East), banyak orang di daerah gurun tersebut, seperti yahudi,
iran, israel, irak, dan sekitarnya bahkan daerah gurun di asia (gurun gobi), banyak juga yang memakai jilbab. Budaya menggunakan pelindung muka, pelindung rambut, leher dan baju langsung (kurung) sangat disukai didaerah gurun.

Mengapa? sebab memudahkan mereka untuk membersihkan pasir yang menempel di tubuh, di wajah, di rambut, di leher dan bahkan dimata (menggunakan cadar/kacamata). Jilbab tidak hanya dipakai oleh orang islam, selain islam-pun boleh memakainya bila mereka di daerah gurun pasir seperti itu. Dan terkadang karena sudah merupakan pakaian sehari-hari, yang menjadi kebiasaan turun-temurun, maka jilbab menjadi suatu budaya (culture)

Jilbab-pun sebenarnya tidak hanya untuk wanita, sebab pria dinegara gurun-pun memakainya. Lalu mengapa orang-orang yang tidak tinggal di negara gurun dan bukan orang timur tengah lalu memakai jilbab?
Alasannya sederhana :

  1. Ingin seperti orang timur tengah
  2. Melakukan ritual keagamaan yang di sesuaikan dengan asal mula ajaran tersebut
  3. Karena “lebih cantik atau tampan” memakai jilbab, terutama bagi muka yang bulat dan kotak, hingga mukanya dimanipulasi tampak oval/ lonjong.
  4. Jilbab di “asumsikan” sebagai penutup aurat, apakah rambut di kepala itu aurat? bagaimana dengan leher? apakah rambut mengalahkan daya rangsang leher nilainya?
  5. Karena ikut-ikutan dan ga tahu maksudnya

Di negara yang dijamin keamanan dan di junjung tinggi persamaan derajat pria dan wanita, maka pilihan pakai “jilbab” cenderung ke hak pribadi. Tetapi apakah perlu memakai jilbab? Banyak masyarakat yang sudah tinggi tingkat peradabannya, maka moral tidak lagi digantungkan pada tampilan luarnya tetapi apa yang ada di dalam fikirannya, hingga mungkinkah para pria mengganggu wanita yang tidak berjilbab di negara kita? jawabannya mungkin “iya” mungkin “tidak” sebab, wanita yang tidak berjilbab pun tidak di ganggu.

Mengganggu wanita dan memaksakan kehendak kepada wanita adalah melanggar hukum.Hal ini jelas terlihat di tempat umum, seperti mall, tempat renang, dan tempat-tempat umum lainnya para pria ditempat-tempat umum itu tidak akan mengganggu wanita yang tidak berjilbab maupun yang berjilbab. Jilbab, diasumsikan pula dengan “hijab” bagi beberapa orang, tetapi definisi kata hijab adalah “memberi batasan/ pembatasan” bukankah ditempat umum juga sudah disediakan hijab secara alami dan tidak berlebihan, seperti “pemisahan toilet pria dan wanita”. Pemakaian Jilbab dan pakaian tertutup di negara kita sangat kuat di daerah Indonesia bagian barat, seperti aceh, lalu mulai berkurang di daerah indonesia tengah, seperti jawa, bali dan sekitarnya, lalu mulai tanpa penutup didaerah timur Indonesia seperti Papua/ Irian Jaya (^_^). Tetapi di Papua juga tidak terjadi pemerkosaan. Budaya dan Lingkungan juga membuat orang tidak harus menggunakan jilbab, sebab “tata cara membina moral dan peradaban akan berbeda satu sama lainnya”

Jilbab sesuaikah diterapkan di negara kita dan masuk syariah yang harus dijalankan dalam hukum negara? kebijaksanaan yang luas, dan banyak melihat kebudayaan lain diluar daerah dan negara kita sendiri yang bisa memberikan solusi terbaik! oleh karena itulah, negara tidak boleh ikut campur dalam masalah keagamaan, dan segera “meng-amandemen-kan” agar Sila Pertama dari Pancasila segera “di ubah” agar menjadi lebih bijak,

Hingga Agama dan Tuhan “tidak lagi menjadi urusan negara

Written by asukowe

Juni 10, 2008 pada 4:41 am

Ditulis dalam Buat direnungkan

Dikaitkatakan dengan

55 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. Maaas…. kalo di Al Qur’an itu… yang aku baca sih wajib… tapi gak perlu sampe nutup muka en telapak tangan. gitu… kalo urusan pake gak pake mah, terserah orangnya…. yang penting tahu maksudnya en konsekwensinya…

    Godamn

    Juni 10, 2008 at 6:01 pm

  2. Kagem :

    @Godamn
    Kalau Islam ya pakai dong, kalau yang lainnya terserah, tergantung ajaran agamanya. Kalau Islam kan maksudnya baik yaitu biar tidak mengundang hawa napsu, tendensinya ke arah itu, bukan karena A, B atau C. Intinya satu, Tuhan memberi aturan untuk ketertiban hidup di dunia

    asukowe

    Juni 11, 2008 at 3:12 am

  3. Jangan menilai seseorang dari segi Penampilan aja
    bisa aja kan Tidak pake Jilbab tapi prilakunya baik begitu pun sebaliknya

    *:) tapi lebih bagus tuh mas pake jilbab

    Gelandangan

    Juni 11, 2008 at 6:33 am

  4. Jilbab untuk pria? Kalau untuk wanita wajib, maka untuk pria seharusnya juga wajib.

    Emanuel Setio Dewo

    Juni 11, 2008 at 5:19 pm

  5. OOt: Pendaftaran online kopdar Episode I silahkan klik http://kampungbanjar.com/viewtopic.php?f=42&t=212 (register terlebih dulu)

    annmolly

    Juni 16, 2008 at 5:29 am

  6. Inget Dewi Persik waktu susunya diremas dgn mantapnya sama penggemarnya yg nepsong ngliat jogetan sama pakaiannya yg ala Bule alias U Can See geto looooh…

    retorika

    Juni 19, 2008 at 4:22 am

  7. Apa emang ada wanita yg berjilbab lalu tiba2 diremas-remas kaya gitu ya…??? kalo org2 amrik yg di bosnia, irak dll sih pake2 gak pake emang dah niat mau nginjak2 harga diri umat muslim.

    @asukowe

    …..Banyak masyarakat yang sudah tinggi tingkat peradabannya, maka moral tidak lagi digantungkan pada tampilan luarnya tetapi apa yang ada di dalam fikirannya……
    ————————————————–

    Masaaaakkkk siiiihhhhh…bukannya dinegara2 yg tinggi peradabannya (terutama yg non muslim) banyak yg berbanding lurus sama kebobrokan moralnya. Peradaban mereka emang tinggi mas apalagi kalo soal hidangan esek2 dan kemasan2 variasi pemenuhan hawa nafsu lain2nya. Mau bukti gak usah kesana deh cukup didepan komputer ente terus googling, dijamin hidangan2 kaya gitu gak mau ditularkan sama anak2 ente terus sibuk cari software filtering buat web hoooot.

    Tinggi peradabannya apa terus tinggi Adabnya gitu mas…..bah masih aja pake jargon2 yg dah basi…

    retorika

    Juni 19, 2008 at 4:48 am

    • Sekarang zaman tehnologi, lewat internet kita bs dapetin informasi apa saja yg kita mau. Jgn hnya menuduh negara barat (non muslim) yg peradabannya tinggi berbanding lurus sama kebobrokan moral-nya. Kl mo fair bnyk negara2 muslim yg sperti itu skrg. Tdk usah menutup mata, sprti kt anda tinggal googling aja di depan komputer…..jd bukan dilihat krn negara itu muslim atau non muslim, tp tergantung dr karakter & watak org tsb. Kl memang org tsb beriman pd Tuhan-nya, dinegara manapun dia tinggal ttp aja sifatnya baik & teladan………

      puskas

      Juni 6, 2012 at 8:42 am

  8. @ Emanuel Setio Dewo

    Kalo istri elo pakaian wajib buat pergi2 yg serba mini2 ya mas, kan bangga kalo kecantikannya disanjung sama orang2 sepanjang jalan, itu juga prestise buat pergaulan di kalangan temen akademisimu loh mas…

    retorika

    Juni 19, 2008 at 4:56 am

  9. Postinganku dimoderasi apa blog asukowe ini emang lelet ya

    Tergoda

    Juni 20, 2008 at 2:30 am

  10. Kagem retorika :

    Hah? Peradaban tinggi adalah bukan peradaban teknologi, “Kemanusiaan yang adil dan beradab”, bukan mengacu ke kamanusiaan yang adil dan berteknologi nuklir. kalau Dewi Persik diremas-remas gitu berarti peradaban teman-teman njenengan yang meremas itu peradaban babi. Kita ambil contoh yang gampang, apakah para alim ulama, para pendeta, para biksu masih tergoda dengan susunya dewi persik ? kalau masih ngiler, mending ke laut saja deh :-)

    asukowe

    Juni 20, 2008 at 4:21 am

    • lah yg korban pelecehan seksual oleh pendeta di barat kasusnya ada bejibun tuh?

      susanto

      Januari 4, 2012 at 12:21 pm

  11. @ asukowe

    Terus yg tinggi bagian apanya maaaasss..??? menurut aku sih kemajuan teknologi mrka krna mereka pintar, sebab mrka rajin belajar, rajin belajar krn mereka gak mbeling dan nakal, tapi kalo soal rangsangan2 hawa nafsu…mereka dah kebal alias bukan lagi merupakan batasan moral krna hawa nafsu bagi mereka adalah bagian dari gaya hidup sehingga jilbab…mrka pandang sebagai kungkungan kebebasan mereka utk ber-amoral…!!!
    Jilbab diterapkan di Indonesia minimal kulit gak jadi item dan berdebulah, kalo di negara2 eropa pas musim salju yah minimal lebih menghangatkanlah, coba kalo pas musim salju mereka pake yg serba mini apa gak biru2 tuh badan…!!!

    Suster katolik di eropa juga pake jilbab rapet loh mas bukan cuma di arab doang, katanya sih menandakan kalo mereka org suci atau berusaha utk suci sehingga ketika mereka lagi jalan2 berharap gak dijawil-jawil. Masalah di asrama mereka jadi makanan2 pendeta itu soal lain tapi minimal di tempat2 umum mereka dihormati dan disegani kan…

    …… Kita ambil contoh yang gampang, apakah para alim ulama, para pendeta, para biksu masih tergoda dengan susunya dewi persik ? kalau masih ngiler, mending ke laut saja deh.
    ————————————————-

    Mas dijalanan, diwarung2, di mall2, di alun2 dikota maupun di desa pada umumnya. SEBAGIAN BESAR orang2nya bukan bhiksu, kyai ato pendeta toh yaaa….itupun persentasenya masih tergradasi, ter-eliminir dan ter2 lainnya oleh skandal2 kelamin para oknum pemimpin2 agama tersebut to..! jumlah bhiksu, kyai ato pendeta emang ada brapa to mas dibanding jemaatnya..tape deeeh…

    Mancing ke laut nyok mas….kalo mancing di empang gak acik ah… :)

    retorika

    Juni 21, 2008 at 3:50 am

  12. @ asukowe

    …… Kita ambil contoh yang gampang, apakah para alim ulama, para pendeta, para biksu masih tergoda dengan susunya dewi persik ? kalau masih ngiler, mending ke laut saja deh.
    ————————————————-

    mbok ya jangan jadi katak dibalik ember mas….

    retorika

    Juni 21, 2008 at 4:05 am

  13. …. Ternyata si penulis pintar memilih berita yang hot gitu loh ….
    tapi lebih baik jangan terlalu kasar mas sindirannya ….!
    emang mas bukan orang islam sich …. jadi kagak tau dasar hukumnya … asal omong doang !!!!!

    Yajirobe

    Juni 26, 2008 at 7:20 am

  14. yang digariskan oleh islam kan menutup aurat. karena kebetulan al quran turun di arab jadi asosiasinya menutup aurat a la arab deh, jadi aja jilbab yang sbenernya budaya arab dianggap budaya islam. padahalkan dengan style fashion yang lain juga bisa kita menutup aurat. kalo islam itu universal dan al quran itu valid sepanjang masa tentunya bisa mengakomodasi umatnya dong.

    ahli_hisap

    Juli 1, 2008 at 3:15 pm

    • yang digariskan oleh islam kan menutup aurat. karena kebetulan al quran turun di arab jadi asosiasinya menutup aurat a la arab deh, jadi aja jilbab yang sbenernya budaya arab dianggap budaya islam. padahalkan dengan style fashion yang lain juga bisa kita menutup aurat. kalo islam itu universal dan al quran itu valid sepanjang masa tentunya bisa mengakomodasi umatnya dong

      ahli hisap koment nya ngawur tanpa hujah yang jelas . begini maksud saya kalo aturan itu datang dari tuhan ya tuhan lah yg berhak ngatur bukan ente . kalau ente beli kopyah kekecilan yang dibesarkan kopyahnya atau kepala ente yang permax atau disileti biar kecil sesuai dengan kopyah yang ente beli? aturan tuhan kok disuruh menuruti nafsu mana mungkin .keuniversalan itu bukan itu maksudnya baca lagi lah biar sama-sama ngerti. saya juga akan baca lagi

      sujarwa

      April 18, 2011 at 11:34 pm

  15. Kagem

    @Yajirobe
    saya Islam makanya nulis yang begini, saya begitu suka Islam, tapi saya tidak suka kepada orang-orang yang bertameng kepada Islam untuk membenarkan tindakannya.

    Yang dibesarkan-besarkan cuma doktrin “jauhi produk-produk kafir!, perangi orang-orang kafir” trus apa kita enggak malu sama cendekiawan2 islam jaman dulu kala yang cemerlang seperti Al Jabar, Ibnu Sina, karya2 emas mereka malah sukses dikembangkan kaum barat, lha kita ini yang diurus sehari2nya apa? cuma jihad2 palsu yang malah bikin sengsara banyak orang, bom-boman, bredel-bredelan, farwa-fatwaan, haram-haraman, sanggah-sanggahan, demo-demoan, la la la tri li li

    Sebagai seorang Islam, kita jangan bangga sebagai yang paling Wah (yg paling benar dr semua agama, sama dengan agama penutup) terus santai melempem dengan kehidupan yang sederhana dan alakadarnya, kelihatan di jaman sekarang ini.. teknologi dipinggirkan lalu digelontor dengan simbol-simbol akhlak atau ketuhanan atau keagamaan atau apalah….., itu yang paling utama dan diutamakan, enggak peduli akhirnya bodo dan dungu tapi yang penting kan akhlaknya baik, masuk surga deh. Ya jangan heran kalau kita semakin jadi terpojok dan kerdil di tangan para penguasa, tidak berdaya di plonco kaum tekno barat, kaum batil, kaum zalim atau apalah juga…

    @ahli_hisap
    Saya setuju, gimana kalau Islam turun di Yogyakarta?, aku pernah membayangkan Nabi memakai Blankon…

    asukowe

    Juli 5, 2008 at 10:10 am

  16. kalo emang dewi persik diremas payudaranya, tetep aja yg salah yg ngeremas atuh :lol:

    kalo mobil ente dicolong orang, apa yg patut disalahkan itu ente, gara2 mobil ente bikin maling pada napsu? :lol:

    Tito

    Agustus 4, 2008 at 4:26 am

  17. konsep jilbab adalah produ budaya yang dijawantahkan dalam berkehidupan bermasyarakat di wilayah dan berkehidupan sosial, ketika hijab dijadikan konsep beragama pada umumnya karena tanah arab adalah dimana hijab sebagai alat menjaga diri dari pandangan kaum pria dizaman badui yang kasar, terhindar dari fitnah, dan melindungi tubuh dari panasnya terik matahari dipadang gurun( hembusan debu padang pasir yang kerap terbang bersama angin). dalam perkembangannya diwilayah arab penggunan hijab dimodifikasi denagn mode yang lebih menarik ,( pakaian tradisioanal ini dinamakan ABAYA) yang diawalnya bersifat hitam polos mulai dikombinasikan dengan corak-corak yang beragam dan abaya di pakai di tempat umum, ( dalam berkegiatan dilingkup keluarhga para wanita menggunakan pakaian modern)

    fahrizalmochrin

    Agustus 9, 2008 at 4:31 am

  18. kagem

    @ahrizalmochrin
    Saya sangat setuju !!

    asukowe

    Agustus 13, 2008 at 10:39 am

  19. PANCEN ASU KOWE! BAJINGAN! ASU! ASU! ASU! ASUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU!!!! ASU!

    sahrudin

    Agustus 19, 2008 at 1:00 am

    • @mas sahrudin
      mas mari banyak membaca biar kita bisa menjawab tantangan mereka dengan cara yang elegan dan lebih bijak bukan emosi yang tanpa dasar . emosi anda tidak bermanfaat tapi justru merendahkan martabat anda sendiri yuk banyak istiqfar kalau anda muslim. maaf smoga bermanfaat

      sujarwa

      April 19, 2011 at 12:07 am

  20. Jilbab sama sekali gak diwajibkan oleh Islam, yang diwajibkan adalah menutup aurat, kembali ke masing-masing individu apakah dia ingin menutup auratnya pake gaya orang arab atau bikin gaya sendiri, pake karung misalkan…. semoga membantu!

    BatavianX

    September 8, 2008 at 8:02 pm

    • anda berpendapat sperti itu dasar’y dari mna….??? saya kurang spendapat dngn anda,,, ada di al-qur’an ayat yg mnjelaskan ttng kwajiban perempuan muslim memakai jilbab. kepala dan leher termasuk aurat…….

      hamba allah

      September 5, 2011 at 9:51 am

  21. baru kali ini gw nemukan web yg aneh, dari namanya, contentnya, komentar2nya semua bikin ketawa :-) Thanks

    dayin

    September 13, 2008 at 2:59 am

  22. @sahrudin

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

    koweasu

    Oktober 18, 2008 at 11:14 am

  23. Asukowe kok ngga nulis lagi?
    Kangen sama tulisan2nya Asukowe.

    Emanuel Setio Dewo

    November 20, 2008 at 11:15 am

  24. wah saya setuju mas .
    kalo menurut saya itu budaya yang jaman dulu ada waktu jamannya Alquran , terus terbawa oleh yang menganutnya tapi kalo mau maek jilbab engga mesti di gurun juga aja kan ya ? hehe :D

    rr

    November 20, 2008 at 7:02 pm

  25. kontol lu semua……….

    si kontol

    Desember 19, 2008 at 3:03 pm

  26. NGE TES DOANG TADI….HE HE….
    NIH GW KASIH, AL-QUR’AN SURAT AL AHZAB AYAT 59:
    Hai nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “HENDAKLAH MEREKA MENGULURKAN JILBABNYA KE SELURUH TUBUH MEREKA”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak mudah diganggu. Dan ALLAH adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    jadi gak usah disangkal lagi klo pakai jilbab itu hukumnya “WAJIB”, klo masih menyangkal ya udah gak usah jadi orang Islam, AL-QUR’AN gunanya apa klo buat disangkal2.
    klo emang pengetahuan agamanya masih “CETEK” gak usah bikin tulisan2 sampah kaya gini, sok-sok an ngerti, atau yang bikin tulisan ini JIL (JARINGAN ISALAM LIBERAL), tuh emang organisasi yang mau ngancurin islam, pro yahudi, buktinya, kemaren israel nyerang palestine aja, mereka dengan bodohnya masih tetep belain israel. pesen gw:
    Israel=yahudi=IBLIS!!!
    JIL—-> MATI AJA LO, MATI KAFIR AJA DEH!!!

    ARI

    Januari 26, 2009 at 1:40 am

    • @ari
      mas….sing bener yah….gak usah ngoceh masalah agama lek awakmu durung bener …….

      tapi emang bener pernyataan kalau memang islam adalah agama yang universal dan sesuai tuntutan jaman maka pemakaian jilbab itu hnya kiasan agar para wanita itu menutup aurat bkan di wajibkan pakai jilbab

      naaaa masalah pemakaian jilbab itu terserah kepada pribadi masing2
      terus jangan suka menjadikan agama sebagai tmeng untuk alasan yang bersifat anarkis….

      sampeyan coba bom bunuh diri itu sampeyan anggap jihad padahal bunuh diri itupun adalah hal yang dilarang walaupun itu berniat jihad…..

      sekarang jangan suka koarr2 tentang agama ya mas…..

      kalau saya mau buka….kepala teroris dunia memang ada di indonesia…..

      terimakasih…

      die

      Juli 1, 2009 at 6:06 am

  27. Kagem Ari :

    Kenapa anda tidak ikut perang saja di Palestina? memang anda berbakat sekali sebagai islam garis keras yang suka mainan BOM dan Merubuhkan Warung di bulan Ramadhan

    asukowe

    Januari 28, 2009 at 9:11 am

  28. SEBENERNYA, NIH SITUS & YANG KOMENTAR TENTANG JILBAB GAK WAJIB, ITU ORANG ISLAM BUKAN SEH??? KLO BUKAN, YA GAK USAH MENYANGKAL PERATURAN AGAMA ISLAM!!!
    DI ALQURAN UDAH JELAS!! KLO PAKE JILBAB TUH WAJIB!!
    SELALU DEH ORANG2 KAYA GW DIBILANG “ISLAM GARIS KERAS”, TAPI MENDING GW, WALAUPUN GW BELUM SEMPURNA, MINIMAL GW MENGHORMATI PERATURAN2 YANG ADA DI ALQURAN, KLO LO SEMUA PADA GAK MENGHORMATI APALAGI MENYANGKAL, YA UDAH GAK USAH JADI ORANG ISLAM!!!, HARAM HUKUMNYA BAGI ORANG ISLAM ITU SENDIRI MENYANGKAL PERATURAN2 YANG ADA DI ALQURAN, KLO SELAIN ORANG ISLAM, YA TERSERAH AJA.
    JADI MENDING GAK USAH JADI ORANG ISLAM, BIAR LO SEMUA BEBAS BUAT MENYANGKAL ALQURAN, BERANI GAK LO???

    ARI

    Februari 3, 2009 at 8:13 am

  29. cmwa ollank ugga tw bhwa jilbab bagi para hawa ntu wjib,,
    mka nha mulai ckalank kaum hawa muzti pke jilbab eaa…
    klian hrus siap n’ ikhlas pke jilbab !!!
    krna wanita eang berjilbab itt martabat nha lebh tng9i d’hdvhandt kaum lelaki..
    n’ wanita berjilbab itt terlihat lbh cntik d’bnding wanita yg meng9unakandt rambut cbagai mahkota utama nha, bkn kludunk..
    pdhal mhkota yng plin9 b’tahta itt kandt jilbab..
    apbila c’ollank wanita membanggakan jilbab nha, pzti lelaki ugga membanggakan so”k wanita itt dngan smwa kberadaan nha n’ bkn dri fsik nha…
    ngertiie kandt aph mksd nha????

    oiia dda yg uppa dekh..
    jgn pllnah kau pakai pkaian yang taqq layak u/ dipakai oleh kaum hawa ..
    krena ssungguh nha salah stu ciri” kiamat itt adlh kaum hawa bnhak yang tidak memakai celana aggy yng
    taqq mnutupi kmaluan nha…
    n ckalang ugga udh bnhak bgdh kaum hawa yang memakai celana diataz lutut yng bnall” mnggugah nfsu para kaum lelaki yg mlihat nha,,
    brarti itt tnda nha kiamat cddah dketh,,
    mka nha cpet tobath n, pra kaum hawa gunakanlah jilbab yang indah dilihat…
    agar kiamat nnti taqq mmbwa klian k neraka jahannam…!!!!!!!!!!

    icha_chubby@rocketmail.com

    Februari 12, 2009 at 7:51 am

  30. tuwh bwat c’kontol,,
    brengzekh bgdh tuwh ucapan,,
    cquullah kgaqh c loehhhhhhhh…….??????
    dsar olank bego, tuwh omongan ato aph???
    klo mw komentar yng cual bgituann bkn dsini tmpat nha,,
    tolllooolllh bgdh c lhoo,,
    nie tuch ttg islam n’ jilbab…,
    bkn ttg kmluan lho,,,
    gga mlu g2 ngmong cual kmalun lhoe cndilyyy..
    begooo!!!!!!!

    icha_chubby@rocketmail.com

    Februari 12, 2009 at 8:03 am

  31. @ ARI: malu jadi orang islam. terlalu banyak orang islam seperi ari yang pikirannya sempit, interpretasinya cuma berdasar apa yang ada, terlalu hitam putih.

    PERHATIAN BUAT SEMUA:
    berkat ARI saya sudah tidak islam lagi..
    malu…

    makan nih

    Februari 18, 2009 at 9:45 pm

  32. Kalo org tolol nulis ya begini ini …..
    sempit pandangan, orang yg kyk gn yg bs jd pemicu pertikaian…, ntr islam lg yg disalahin lg, pdhl cm bela agama kite doang….dunia2…
    Mdh2-an smua dosa lu diampuni dah ma Allah bro

    tama

    Maret 12, 2009 at 3:08 am

  33. yupz…jilbab itu emang budaya timur tengah dan di alquran atau pun hadist g ada yang mencatumkan tentang MEWAJIBKAN JILBAB.
    tapi yang tertulis dalam alquran justru kewajiban untuk menutupi aurat.so…knp justru sekarang saat ini kebanyakan wanita muslim memakai jilbab itu karena pertama mereka berusaha tuk menjalankan kewajiban untuk menutupi aurat.kedua mereka bukannya meniru atau mengklaim bahwa jilbab adalah sesuatu yang wajib hanya saja terlihat lebih rapi,efisien,dan nyaman.
    itu menurutku…

    sari

    Maret 23, 2009 at 11:32 am

  34. Kasihan nih orang yang di atas, kalau memang benar gara-gara perkataan ARI dia tidak Islam lagi, sebenarnya dia lah yang pikirannya sangat-sangat sempit (sampai angin aja gak bisa lewat).

    fauzan helmy

    Maret 28, 2009 at 11:06 am

  35. @Sari
    Anda sangat berpikir pintar, seandainya semua orang Islam seperti anda …

    asukowe

    April 9, 2009 at 2:17 am

  36. ini bener2 konyol…yg mengatakan jilbab ga wajib ywd ajak aja semua saudari anda ga usah berjilbab, klo perlu pake baju dan rok serba mini (nyaman ya ?)…nah gw jamin kalian rame2 bakal berkumpul di neraka. simpel khan ?
    ga usah bikin komentar yg ga jelas ttg jilbab….jilbab itu hukumnya di ISLAM dah jelas yaitu WAJIB ( ada di al quran)

    ErrOr

    April 23, 2009 at 6:58 am

  37. waduh…sedih bacanya kenapa yg jelas2 benar tp msh diperdebatkan dan dibilang sempit pikirannya..dan bahkan ada yg MURTAD segala (apa gak kebalik ya bukannya justru dia sendiri yg sempit pikirannya)…yg diwajibkan ISLAM dalam Al-Quran bagi wanita itu menutup aurat, sedangkan aurat wanita itu dari ujung kepala hingga kaki kecuali wajah dan telapak tangan berarti jilbab itu WAJIB hukumnya u/ wanita sedangkan yg dikatakan BUDAYA itu sebenarnya BUKAN JILBAB melainkan KERUDUNG dan di Indonesia itu kebanyakan org2 PAKE KERUDUNG bukan jilbab dan itu yg mungkin ORANG2 SALAH MENILAI YG WAJIB SAMA YG BUKAN..u/ yg beragama NON MUSLIM TOLONG YA JGN MENJELEK2AN ISLAM COBA ANDA PELAJARI DULU BARU BISA BICARA!!!!

    cihuy

    Mei 3, 2009 at 7:16 am

  38. Pelajari dulu apa2 saja yg termasuk aurat wanita itu sebelum mem-posting tulisan ini. Hati2 dgn perbuatan & ucapan krn tidak pernah lepas dari catatan amal kita selama hidup di dunia ini yg akan diperhitungkan ketika hari perhitungan amal nanti & dipertanggungjawabkan di akhirat yg sesungguhnya kehidupan sebenarnya. Kalau blm mengerti mengenai masalah aurat, pelajari dulu pada ahlinya. Semoga Allah memberikan hidayah-Nya.

    Saya

    Mei 15, 2009 at 4:34 pm

  39. Pelajari dulu apa itu Budaya…apa itu Agama.soalnya Agama Budaya itu banyak dan ada karena kepentingan kekuasaan,suku,bangsa,ego,dll….mendinglah kalau masih budaya Agama.Tapi terkait Jilbab itu wajib dalam Islam tentunya ada aturanya…moso bayi baru lahir di pakai jilbab…Islam itu sangat fleksibel terkait semua aturanya menyesuaikan keadaan darurat….wajib bisa jadi haram…haram bisa jadi makruh,…sholat sambil gak pakai baju di tengah jalan jugakan bisa dibilang orang gak waras…Sholat jg bisa sambil lari lho…Ada aturan mainya itu…jd kita pelajari dasar dasar pemahamanya dulu…agar tidak berkomentar kaya anak TK…nuwun

    Shugy

    Juni 14, 2009 at 3:18 pm

  40. mas, saya punya perandai-andaian nih. coba lo bayangin ada cewek besar gendut, pake rok slim suit. terus yang kedua, coba lo bayangin, ada cewek mantep, sexy, putih, tinggi, langsing, cakep lagi, pake slim suit pula. apa menurut loe pikirqan elo sendiri sama pikiran orang laen pada umumnya (laki-laki)? pada kasus pertama, si cewek gemuk, mungkin banyak yang mengejek ato mencemooh dia terang-terangan ato dalam hati lah., sedangka pada kasus yang kedua, mungkin, bahkan hampir pasti banyak pria memujinya, pandangan mereka tak lepas dari sudut-sudut paling menyudut, dll. nah mas, disini sebenarnya ada suatu GAP atau perbedaan pandangan yang menjurus pada hal-hal berbau negatif. si cewek gendut, selain bikin dosa buat dirinya (karena bikin dia diejek; menganiaya diri sendiri]), juga bikin dosa buat para lelaki yang melihatnya (karena membuat para pria itu ngejek dia), sedangkan cewek yang kedua, juga sama aja kaya cewek pertama, yaitu bikin dosa buat dirinya (karena membiarkan dirinya jadi pusat perhatian dan objek birahi para lelaki), n sudah pasti bikin dosa juga sama yang ngeliatnya (ya iyalah…. sekuat-kuatnya iman laki-laki kalo di hadapan yang kaya gituan, pasti ada perasaan serrr…. walau dikit-dikit lah. bedanya yang beriman punya kontrol untuk menolak hal tsb walaupun fisiknya menolak). sebenarnya dari contoh kasus diatas, saya bukannya mengatakan bahwa wanita yg nggak berjilbab psti kelakuannya kaya gitu, n kasus yg terjadi bakalan kaya gitu, tapi di dunia nyata, sama saja. wanita yg bodinya kurang bohay, di mata lelaki nggak menarik (laki-laki secara umum pada mode normal), sedangkan wanita yg aduhai….. kaya dewi persik lah, lelaki menaru perhatian lebih. disinilah gap antara si cantik dan si buruk rupa terlihat, ketika semua orang menilai penampilan fisik sebagai yg utama. nah, Isalm ternyata ilmu psikologisnya udah lebih maju. waita berjilbab, bukan hanya untuk menutup auratnya, tetapi lebih dari itu, ini adalah simbol dari persamaan setiap wanita, tidak diukur dari segi fisiknya. karena memakai jilbab, wanita tsb secara umum udah pasti dipandang wanita terhormat (walaupun hati orang siapa yg tahu), karena dia dianggap sudah melaksanakan syariat agama yg benar, selain itu, jilbab juga menmpunyai fungsi yg hampir sama dengan bunyi sila ke-5 pancasila, “keadilan sosoial bagi seluruh rakyat indonesia”, cuma bedanya ini adalah keadilan bagi seluruh wanita. dengan adanya persamaan kedudukan ini, maka bagi wanita yang semacam cewek berbobot tadi, ia nggak akan ngerasa beda sama cewek lainnya, karena saat itu ia punya kesempatan bwt menunjukkan kekuatan dirinyaselain dari kekuatan daya tarik fisik, karena ketika wanita berjilbab, yang unsur intrinsik yang dinilai sebenarnya bukan lah jilbabnya, melainkan kebaikan apa yang tersembunyi dari balik jilbab tersebut, jauh di dasar hati. jadi, berjilbab itu besaarrrrrrr sekali manfaatnya, sampai menjadi kewajiban. itulah essensi yang sesungguhnya dari berjilbab. memang, mungkin dalam al-quran essensi semacam ini tidak ditulis secara terang-terangan, tetapi justru disanalah peran manusia untuk menggali essensinya lebih dalam lagi, supaya dapat ditemukan berjuta-juta kebaikan lainnnya lagi dari dalam ayat tersebut, dan cara mendapatkan essensi tsb hanyalah dengan mengamalkan apa yang tertulis didalamnya, asal kita jangan salah membaca. ingat, al-quran itu hanyalah sekumpulan tanda-tanda, manusia yang akan menyingkap tanda-tanda tersebut. oke mas???? baca yg bener!!!

    don't ask

    Oktober 20, 2009 at 11:10 am

  41. B0D0 Ah…
    B360 AAH…

    D0werBIBIRNYA

    Desember 12, 2009 at 1:31 am

  42. test koment

    violetlov3rs

    Maret 16, 2010 at 6:40 am

  43. sok twu lu, klo lu ngaku iman ma al-qur`an coba buka surat annur ayat 31……….kcuali jk lu g iman g twu deh klo gt

    zys

    April 27, 2010 at 4:51 pm

  44. sudah jelas anda berfaham liberal

    amir

    Juli 20, 2010 at 5:47 am

  45. dorongan seksual manusia tu beda-beda. ada yg liat betis trus napsu, ada yg liat leher jenjang trus napsu, ada yg liat bibir sensual trus napsu. pernah ada di media, seseorang yg dimintai komentarnya tentang wanita mengatakan: “yg saya liat pertama adalah kakinya, dst dst”. kemampuan setiap orang mengendalikan napsunya juga beda2. kalo semua manusia sama2 bisa menahan napsu, ga perlu ada hukum di dunia ini. gak perlu ada penjara. gak perlu ada polisi. islam itu menetapkan hukum, juga menetapkan aturan2 yg bisa mencegah timbulnya hal2 yg dianggap dosa. contoh: mencuri dilarang dg hukuman potong tangan, orang kaya diwajibkan mengeluarkan zakat baik sukarela maupun terpaksa.

    susanto

    Januari 4, 2012 at 12:29 pm

  46. buat semuanya aja dehhh acuhin aja deh blog ini ataupun semua blog yang isinya menghina, gak mutu, memecahbelah persatuan dan sesatuan INDONESIA payah ni yang nulis bikin Indonesia makin ancur aja kl nulis di blog aku buat yang nulis kalo mau nulis difikir dulu. ok? anak 15 tahun aja tau yang baek sama yang enggak

    salam dariku pemudi INDONESIA yang ga mau negaranya ancur cuma gara-gara tulisan kaya gini

    Miuraai

    April 18, 2012 at 11:56 am

  47. kalau menurut saya sih jilbab emang tidak wajib.. tapi bagi para pezina, dan anjing2nya.. supaya pelanggannya cepat tertarik gitu… hehehe…
    tapi kalo mw aman, maka pake jilbablah… kalo nggak nanti saya perkosa lhooo…

    pembela pslam

    Oktober 26, 2012 at 5:58 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: