~ Shootgun Blues ~

AGAMA CUMA BAJU, YANG PENTING TUHAN

Apakah Kejahatan diciptakan Tuhan?

with 34 comments

Apakah dingin itu ada?

Dingin itu tidak ada. Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas.

Apakah gelap itu ada?

Gelap itu juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak. Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi kita tidak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya.”

Apakah kejahatan itu ada?

Kajahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin atau gelap,  kejahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan. Tuhan tidak menciptakan kejahatan. Kejahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya.

Albert Einstein.

Written by asukowe

September 29, 2007 pada 12:28 pm

Ditulis dalam Buat direnungkan

34 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Emanuel Setio Dewo

    September 29, 2007 at 1:50 pm

  2. Tapi kok penjara indonesia dipenuhi oleh orang2 beragam yg percaya Tuhan ya?

    Qzink!

    September 30, 2007 at 10:56 pm

  3. Walah itu berarti kasih Tuhan di hatinya cuma separo… Jadi remang-remang gitu, mau baca A jadi S, mau ambil keripik malah dapat Tahu susur. Gitu den bagus Qzink! Paham enggak?

    asukowe

    Oktober 1, 2007 at 7:48 am

  4. hmm..saia masih ndak mengerti…otak saia mangsih blom sampe ksana..soale begini su,bukankah segala hal yang ada itu karena kehendakNya? kalofun memang kasih tuhan itu cuma sefaro di hati seorang manusia, atau bahkan ndak ada, itu tetep merufakan kehendak Tuhan tho? selaen itu, jahad = iblis = ciptaan tuhan.
    ko saia jadi binun sendiri..tolong jelasin lebih detail su, saia ndak mudenk he?

    hoek

    Oktober 1, 2007 at 12:19 pm

  5. aku ngerti yang kau maksud , su..
    yang jelas kejahatan memang bukan dari Tuhan..

    mm..aku malah tertarik dengan avatarmu yang baru.. kok imut sih?.. kurang garang! RRrrr!

    puak

    Oktober 2, 2007 at 8:02 am

  6. berarti Tuhan bukan maha pencipta dunk secara kalah sama yang bisa menciptakan manusia…

    Ferry ZK

    Oktober 2, 2007 at 8:13 am

  7. Kanggo :

    Hoek, ya kalo belum sampai jalan-jalan aja terus, sedikit-sedikit lama-lama kan sampai juga🙂 Begini… di hati kita semua ini ada Tuhan, bahkan seseorang yang sudah sampai… mengatakan bahwa ‘Aku-Nya adalah Tuhan’ ingat kisah Si Siti Jenar Itu… Nah, kalo suatu ketika hati kita itu kosong (0 nol) dari Tuhan, maka timbul segala sesuatu yang disebut kejahatan (kejahatan itu luas : bisa iri dengki, bisa merampok, membunuh, mengintip org mandi juga jahat ho ho)

    Kejahatan bukan dari Tuhan, ingat bahwa Tuhan itu maha kasih dan sayang, logika aja.. masa Tuhan yang merancang skenario kita tiba-tiba jadi jahat lalu membunuh orang, menculik orang atau memperkosa orang? Tuhan yang menuntun kita jadi baik santun dan penuh cinta, gak mungkin juga dia menjerumuskan kita kepada kejahatan. Adanya kejahatan karena Tuhan meninggalkan kita atau karena kita yang meninggalkan tuhan,

    Puak, smoga jelas dgn penjelasan di atas. Soal Avatar, itu gara-gara ulah ratu sejagad, dia nge-fans berat sama Asu jadi Wallpaper Omiknight saya dipakainya, jangan2 Asunya mau dipakai juga, jadi terpaksa lah bikin sendiri gambar yang enggak ada di Net, biar susah di Copy paste gitu, omong-omong gimana ya kabar ratu? hilang dari peredaran setelah dihajar Mbah Umbel

    asukowe

    Oktober 2, 2007 at 8:28 am

  8. Kanggo Ferry :

    Masih yang Maha pencipta kok, tapi dia enggak menciptakan kejahatan, kejahatan asalnya dari manusia…

    asukowe

    Oktober 2, 2007 at 8:43 am

  9. wahhhh su Tuhan ente gak hebat yahhh gak mau tanggung jawab doi ciptakan manusia, manusia ciptakan kejahatan ehh berkilah kejahatan bukan dari doi tp dari manusia aja meski manusia doi yang ciptakan, lhaa berarti Tuhan gak punya kontrol terhadap manusia dung ???

    Ferry ZK

    Oktober 3, 2007 at 6:18 am

  10. BTW, sepertinya Tuhan asu sama dengan Tuhan bro Dewo yaa kenalnya “Kasih” doank wakakakaka

    Ferry ZK

    Oktober 3, 2007 at 6:19 am

  11. Kanggo Ferry :

    Betul, Tuhan cuma punya kasih…

    Di semua ajaran agama… Budha Hindu Kristen Islam semua mengajarkan kasih Tuhan. Nah, kalau ada yang bilang Tuhan kejam, kayaknya itu penganut paham kekarasan dalam agama. Contohnya Muslim yang radikal itu…yang menghakimi sesamanya secara mutlak tanpa embel-embel ‘kasih’ dengan alih-alih itu adalah perintah Tuhan,

    Jangan lalu dikaitkan dengan gempa, gunung meletus, longsor, kecelakaan? itu semua pekerjaan Tuhan… jadi apa? bukankan itu bukti Tuhan kejam? <<<< gak usah aku jawab, buat direnungkan saja, nanti kan ktemu juga jawabnya

    Wah sama ya dengan Tuhannya Dewo? ya syukur deh… artinya Dewo termasuk orang yang tidak salah dalam menangkap sosok Tuhan.

    asukowe

    Oktober 3, 2007 at 6:30 am

  12. btw, su si muslim radikal juga klo kita bilang Tuhan itu kejam pasti marah – marah…

    wong katanya kejam juga relatif, katanya lagi itu si penganut “kasih” juga banyak yang lebih sadis dari mereka, seperti di Irak, Palestina, bahkan di belahan negeri kita juga ada koq… katanya su…

    Ohhh gitu ya su, jd si dewo lebih pas menangkap sosok Tuhan daripada si muslim radikal yaaa ???

    Ferry ZK

    Oktober 3, 2007 at 7:02 am

  13. Kagem Ferry :

    kalo saya melihat ke si penganut ‘Kasih’ itu sebagai individu bukan global, intinya satu deh : kalo melenceng dari aturan dan norma kemanusiaan lalu jadi biadab dan menyengsarakan orang lain, Itu artinya Tuhan sudah jauh dari hatinya… tidak ada kasih sayang Tuhan dan itu dihitung per individu bukan dihitung global.

    Ya itu jangan dipukul rata… banyak juga kan Kristen yang tingkah lakunya seperti Islam? artinya apa kristen seperti itu juga dimasukkan dalam golongan yang sadis juga? enggak kan? Aku belum pernah ketemu darat langsung dengan Dewo, apakah dia bener sadis seperti yang njenengan sebut tentang penganut ‘kasih’ tadi? ( melirik dewo.. hi hi hi)

    asukowe

    Oktober 3, 2007 at 7:20 am

  14. halah klo doi ya jelas gak laaaaa emang gw mau iparan sama penganut sadis….

    tp buktinya ada penganut “kasih” juga yang memenggal kepala atas nama Tuhan seperti di poso toh semua memiliki sisi gelap bukan hanya muslim saja su… gitu lho maksute

    apalagi klo amrik… sekali – kali tengok Irak su….

    Ferry ZK

    Oktober 3, 2007 at 7:50 am

  15. hehehe… ini topik yang pernah dibicarakan Thomas Aquinas dan Immanuel Kant tentang theodicy.

    ada dikotomi disitu : Ada sesuatu dan ketiadaan sesuatu. Patokannya adalah Ada CINTA, sementara yang lain bersumber dari ketiadaan CINTA.

    Salah satu jawaban stereotip dalam debat tentang konsep kebaikan Tuhan. Premis yang terkenal dari konteks ini adalah :

    “jika Tuhan Maha Segalanya berarti Dia juga Maha Jahat dong…!!*🙂

    Lalu diambillah analogi bahwa Tuhan adalah kebaikan yang bersumber dari Cinta, sementara hal-hal lain diluar cinta adalah kejahatan dan bukan Tuhan.

    fertob

    Oktober 4, 2007 at 1:10 pm

  16. Halah… kok malah bedat, eh… debat ngga ada ujung pangkalnya.

    dewo

    Oktober 4, 2007 at 4:09 pm

  17. sebenarnya itu ketiadaan atau hanya tidak menyadari Nya aja?😀

    danalingga

    Oktober 5, 2007 at 6:57 am

  18. @ dana :

    tidak ada, alias the absence of love/God.

    fertob

    Oktober 8, 2007 at 3:47 pm

  19. bagaimana mungkin Tuhan tidak ada bang?

    *bingung*

    danalingga

    Oktober 10, 2007 at 2:38 pm

  20. Kagem :

    @ Ferry
    Semua penganut agama enggak ada yang 100% baik bro.., Amrik Indonesia Malaysia etiopia sama aja, mang kalo udah Islam atau sudah Kristen lalu enggak akan pernah lagi memenggal kepala?

    @ Fertob
    betul, semua agama mengajarkan Tuhan itu baik enggak mungkin jahat

    @ Dewo
    pangkal nya ada, ujungnya yang gak ada

    @ Danalingga
    Yg benar tidak menyadari ketiadaan, Tuhan itu tetap ada, cuma cuek. Akibatnya doa kita enggak didengar…

    asukowe

    Oktober 11, 2007 at 4:40 am

  21. point 1 dan 2 :
    weleh-weleh…diputer-puter, dibalik-balik, eh kesimpulannya itu lagi, tapi bagus juga penjelasan ‘medisnya’ *mudeng…*
    point 3:
    “Kejahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia”
    bagaimana klo misalnya hari ini jahat, besok baik..jadi hari ini dikasihi tuhan besok dibenci tuhan donk…*mudeng…*

    petroek

    Oktober 25, 2007 at 2:55 am

  22. “Kejahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia”
    pertanyaannya adalah apa yg membuat kasih tuhan tidak ada di hati manusia? itu PR buat kita semua.

    benbego

    Oktober 25, 2007 at 4:05 am

  23. Ada kasih…saya tersentuh dalam kata kasih.😀

    Tuhan itu kejam dan suka menghukum… oh, Apakah hukuman Tuhan bisa dianalogikan seperti sang ayah yang menghukum anaknya karena ia cinta pada anaknya?😦

    rozenesia

    Oktober 26, 2007 at 12:12 am

  24. Lha kok ndak ada kelanjutannya tho?

    Emanuel Setio Dewo

    Oktober 28, 2007 at 11:41 am

  25. ntar ya saudara2 tak mikir dulu pengen ikut2 nglanjutin tapi gi sibuk

    Magneto

    Oktober 29, 2007 at 4:04 am

  26. Kagem :

    @petroek,
    kalo kita jahat itu bukan kita yang di benci Tuhan, jahat terus kita dibenci? wew, bukankan banyak orang jahat yang kaya raya, istri cantik, apakah itu yang disebut dibenci?

    @benbego,
    Sama bro, saya juga lagi nyari2 jawaban PR itu…

    @rozenesia
    Bisa dianalogikan begitu, intinya dia enggak mungkin kejam kepada benda benda yang diciptakannya sendiri…

    @dewo
    wah diper sori ini, setelah ganti provider dan sibuk ngurusi kabel yang lalu lalang ke client sana client sini jadi agak enggak punya waktu nulis di blog, paling-paling sempet buka aja, baca bentar lalu tutup, ini kayaknya dah mulai free dan mulai jadi pengangguran lagi, jadi kembali deh ke komunitas yang weleh2 ini…

    asukowe

    Oktober 29, 2007 at 8:44 am

  27. Oh… kalau gitu welcome back to blogosphere. Hehehe…

    (*** Nunggu postingan baru… ***)

    dewo

    November 1, 2007 at 2:21 am

  28. Sekedar usul.

    Kayaknya aku pernah tahu, kalo gelap itu ada. Tuhan -Tuhanku minimal- menciptakan gelap. Dalam poster yang menceritakan awal mula bumi sebelumnya Tuhan menciptakan 6 hal, yang aku inget air, cahaya dan gelap.

    CMIIW

    chiell

    November 1, 2007 at 4:46 am

  29. Kagem :

    @Dewo
    Postingan baru sedang di siapkan, cuma stock kopi sama jenang menipis, jadi mau kulak dulu di pasar ngasem, sabar sek yo…

    @chiell
    Kalo menurut ogut, sih gelap adalah akibat dari sebab aja, bukan diciptakan secara langsung, kun! sama dengan kejahatan… Tuhan enggak menciptakan kejahatan kok… kejahatan setan itu apa diciptakan? dulu setan baik kok, dia tinggal di surga…

    asukowe

    November 2, 2007 at 5:26 am

  30. seet dech…lagi lagi..lagi….

    btw kemarin daku baru nonton pelem judulnya

    the seeker: the dark is rising

    nga nyambung yak…he he he

    dhe'

    November 2, 2007 at 6:28 am

  31. kejahatan ada karena ada kesempatan.. waspadalah…….

    boeaja tampan

    November 10, 2007 at 5:02 am

  32. Tuhan tidak pernah membedakan kasih sayang terhapad mahluknya, akan tetapi mahluknya itu lah yang membedakan kasih yg diterimanya.

    petroek™

    November 12, 2007 at 9:10 am

  33. Menurut aq segh kejahatan itu di ciptakan Tuhan. Hidup ini penuh pilihan. Mau milih yang mana..??? terserah kita, Tapi setiap pilihan..pasti ada konsekwensinya…

    Ada api, ada air..silahkan pilih. Mau yg adem ato yg panas???

    Seperi ujian sekolah, ada pertanyaan memilih. Kalo jawabannya “A” tapi anda memilih “B” yagh ngk dapat nilai. Alias salah…
    begitu juga dgn Tuhan..saya analogikan sebagai Guru..Guru menciptakan tes ujian, ada beberapa pilihan… sebalum menjawab, ada petunjuk, Pilihkah jawaban yg benar… hehehehehehe…

    dexlon

    Mei 20, 2008 at 2:25 pm

  34. Aneh… Jadi kalau kamu berada di suatu tempat dimana di tempat itu terjadi ketiadaan panas atau keadaan tidak ada cahaya, apa yang kamu katakan kalau kamu orang indonesia.
    Tuhan menciptakan sesuatu itu berpasang-pasangan ada gelap ada terang, ada dingin ada panas, ada baik ada jahat, ada cantik ada buruk dst… semua itu ada, bukan tidak ada.

    fauzan helmy

    Maret 28, 2009 at 10:37 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: